Saturday, November 26, 2016

Oing Pelukis Pasir dari Surade

kabarsurade.blogspot.co.id Bang Oing begitulah sapaan untuk Oing Pelukiis pasir dari Surade yang telah lama menggeluti kesenian pasir ini, pria kelahiran 1982 yang sekarang tinggal di Kp. Cisarua Desa Buniwangi Kec. Surade ini mulai menggeluti Seni Pasir berawal dari 15 Tahun silam saat dia membeli hasil karya kawan lamanya untuk seseorang.



dari situ mulai dia tertarik pada kesenian ini tetapi pada saat itu ia masih meniru kawan lamanya itu memakai media bijih plastik.

lama belajar teknik seni tersebut dari kawannya oing pun mencoba alternatif baru yaitu dengan menggunakan pasir yang warna warni alami yang pasirnya ia bawa sendiri dari surade jampang kulon, ia hafal sekali bagaimana membuat pasir itu berwarna tetapi dengan cara alami . dan terkadang tanpa perlakuan pun pasir itu sudah berwarna bawaan alam karena di pesisir pantai jampang ini banyak tempat yang terdapat pasir dengan berbagai jenis karakteristik dan warna tesendiri.

lama dari situ hingga sekarang beliau ini sudah mendapat banyak sekali tawaran bisnis di bidang lukis pasir, beberapa kali mendapat wawancara media membuat namanya menjadi terkenal. Dari karya itu, ia sempat berkeliling ke Bogor dan Bekasi, juga mampir ke berbagai tempat, termasuk singgah ke Gelanggang Remaja Bulungan, Jakarta. Ia juga sempat memberikan karyanya “Wajah Pribumi” kepada musikus Iwan Fals, ketika bertemu pada 2002-2003.

hoby nya terhadap musik ( Iwan Fals ) membuat dia juga aktif ikut serta membina organisasi OI di daerah kelahirannya ( Surade ) sampai pertengahan Tahun 2015 terbentuklah OI Jampang yang sudah di akui dan di sertifikasi oleh OI pusat.

Lelaki kelahiran Sukabumi yang kini beristri Erna dan memiliki satu anak bernama Bhical Raihan Nafis ini tidak pelit dengan ilmunya, setiap orang yang bertanya dan ingin belajar dia ajari dengan baik hingga ada beberapa orang teman dan sahabatnya membuka toko lukisan pasir yang awalnya belajar sama dia.

sekelumit karya dan perjalanan hidupnya mungkin tidak akan cukup jika harus di ceritakan semuanya, sosok Bang Oing sekarang menjadi seorang pelukis pasir dari surade yang sudah sering mengharumkan nama Surade dalam event-event dalam kota maupun luar kota Sukabumi.



About the Author

BERITA HARIAN SURADE

Author & Editor

Blogger Newbe mencoba berbagi dan ingin bermanfaat terhadap sesama.

Comments
0 Comments

Post a Comment

 
BERITA HARIAN SURADE © 2015 - Designed by Templateism.com | Distributed By Blogger Templates