Thursday, November 24, 2016

MAKALAH SEGITIGA BERMUDA


MAKALAH
SEGITIGA BERMUDA




Disusun Oleh : Kelompok X
Ketua : Ligar Pamungkas
Anggota :
Insan Nurjaman P
Mujib Pahrezi
Bilah




MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 SUKABUMI
Jl. Pasiripis Des. Pasiripis Kec. Surade Kab. Sukabumi 43179
2016





KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr.wb
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. Karena rahmat dan ridhoNya kami dapat menyelesaikan makalah Fisika  mengenai Segitiga Bermuda ini  sesua dengan waktu yang tlah di tentukan . shalawat serta  salam tak lupa kami curahkan kepada Baginda Rasulullah SAW, sebagai suri tauladan yang pantas kita ikuti jejeknya dan kesehariannya.
Tak lupa pula kami ucapkan banyak terimah kasi kepada guru pembimbing  yang selalu memberi bimbingan kepada kami
Mohon maaf yang sebesar-besarnya karna dalam penyusunan makalah ini masaih banyak kekurangan . oleh karna itu saya mengharapkan saran atau masukan yang sifatnyan  tmembangun
Mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua terkhususnya bagi saya . amin……

Surade, 30 Oktober 2016



Penyusun


DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN..........................................................................       i
KATA PENGANTAR..................................................................................       ii
DAFTAR ISI.................................................................................................       iii
BAB.I PENDAHULUAN............................................................................      
A.    Latar Belakang...................................................................................       1
B.     Tujuan Penyusunan Karya Tulis........................................................       1
C.     Sasaran Penyusunan Karya Tulis.......................................................       1
BAB.II PEMBAHASAN.............................................................................      
A.    Pengertian..........................................................................................       2
B.     Sejarah ..............................................................................................       2
C.     Letak Segitiga bermuda.....................................................................       3
BAB.III PENUTUP......................................................................................      
A.    Kesimpulan........................................................................................       5
B.     Saran..................................................................................................       5
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................       6




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Segitiga Bermuda sangat misterius. Sering ada isu paranormal di daerah tersebut yang menyatakan alasan dari peristiwa hilangnya kapal yang melintas, ada pula yang mengatakan bahwa sudah menjadi gejala alam bahwa tidak boleh melintasi daerah tersebut, bahkan ada pula yang mengatakan bahwa itu semua akibat ulah mahluk luar angkasa.
Bermuda (bahasa inggris : Bermuda triangle), kadang - kadang disebut juga Segitiga Setan adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil² atau 4 juta km² yang membentuk garis Segitiga antara Bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah Utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah Selatan, dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik di sebelah barat.
Oleh karena itu penulis sengaja mengambil judul tentang "Misteri Segitiga Bermuda di Samudra Atlantik" Karena ingin mengtahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di kisaran samudra atlantik yang selama ini masih menjadi misteri dunia.

B.     Tujuan Penyusunan Karya Tulis
Tujuan penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut :
1.      Memberikan informasi kepada pembaca tentang misteri segitiga bermuda yang selama ini masih belum terpecahkan
2.      Sebagai langkah awal untuk media pembelajaran mengenai tatacara penyusunan karya tulis.
3.      Membentuk siswa yang kreatif dan inovatif

C.    Sasaran Penyusunan Karya Tulis
Sasaran penulisan karya tulis ini di tujukan kepada siswa-siswi SMAN 1 Surade dan pembacanya dan juga sebagai bahan pertimbangan siswa yang akan datang dalam pembuatan karya tulis selanjutnya.
BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Segitiga Bermuda
Segitiga Bermuda (bahasa Inggris: The Bermuda Triangle), kadang-kadang disebut juga "Segitiga Setan" adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil2 atau 4 juta km2 yang membentuk garis segitiga antara Bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah selatan dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik di sebelah barat.
Segitiga Bermuda sangat misterius. Sering ada isu paranormal di daerah tersebut yang menyatakan alasan dari peristiwa hilangnya kapal yang melintas. Ada pula yang mengatakan bahwa sudah menjadi gejala alam bahwa tidak boleh melintasi wilayah tersebut. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa itu semua akibat ulah makhluk luar angkasa.

B.     Sejarah Awal Segitiga Bermuda
Pada masa pelayaran Christopher Colombus, ketika melintasi area segitiga Bermuda, salah satu awak kapalnya mengatakan melihat “cahaya aneh berkemilau di cakrawala”. Beberapa orang mengatakan telah mengamati sesuatu seperti meteor. Dalam catatannya ia menulis bahwa peralatan navigasi tidak berfungsi dengan baik selama berada di area tersebut.
Berbagai peristiwa kehilangan di area tersebut pertama kali didokumentasikan pada tahun 1951 oleh E.V.W. Jones dari majalah Associated Press. Jones menulis artikel mengenai peristiwa kehilangan misterius yang menimpa kapal terbang dan laut di area tersebut dan menyebutnya ‘Segitiga Setan’. Hal tersebut diungkit kembali pada tahun berikutnya oleh Fate Magazine dengan artikel yang dibuat George X. Tahun 1964, Vincent Geddis menyebut area tersebut sebagai ‘Segitiga Bermuda yang mematikan’, setelah istilah ‘Segitiga Bermuda’ menjadi istilah yang biasa disebut. Segitiga bermuda merupakan suatu tempat dimana di dasar laut tersebut terdapat sebuah piramid besar mungkin lebih besar dari piramid yang ada di Kairo Mesir. Piramid tersebut mempunyai jarak antara ujung piramid dan permukaan laut sekitar 500 m, di ujung piramid tersebut terdapat dua rongga lubang lebih besar.

C.    Letak dan Misteri Segitiga Bermuda
Segitiga Bermuda terletak di sebelah barat Samudera Atlantik, sebelah tenggara wilayah Miami Florida, AS. Tepatnya sebagian besar wilayah ini membentuk segitiga, antara kepulauan Bermuda, Puerto Rico di Jamaica dan bagian selatan Florida AS. Luas Segitiga Bermuda ini kira2 1,2 juta kilometer persegi terdiri dari 300 pulau kecil yang dihuni 65.000 jiwa.
Segitiga Bermuda merupakan teka-teki alam semesta yang membuat manusia bingung untuk mengungkapkannya semenjak 500 tahun lalu saat Colombus menemukan Amerika th 1492 M. Hingga sekarang ia tetap menjadi misteri sekalipun berbagai perkiraan dan prediksi telah disampaikan. Fenomena ini merupakan salah satu keajaiban alam yang sering dibicarakan dari waktu ke waktu. Semuanya diliputi keanehan dan ketidak jelasan.
Misteri hilangnya beberapa kapal laut dan pesawat terbang di wilayah  yang disebut ‘Segitiga Bermuda’ kini tersingkap sudah. Singkirkan  jauh-jauh teori tentang pesawat luar angkasa alien, anomali waktu,  piramida raksasa bangsa Atlantis, atau fenomena meteorologis.
Segitiga Bermuda adalah sebuah fenomena gas akut biasa, demikian tulis  Salem-News.com. Gas alam, sama seperti gas yang dihasilkan oleh air  mendidih, terutama gas metana, adalah tersangka utama di balik hilangnya  beberapa pesawat terbang dan kapal laut. Bukti dari penemuan yang  membawa sudut pandang baru terhadap misteri yang menghantui dunia selama  bertahun-tahun itu tertuang dalam laporan American Journal of Physics.
Professor Joseph Monaghan meneliti hipotesis itu ditemani oleh David May  di Monash University, Melbourne, Australia. Dua hipotesis dari  penelitian itu adalah balon-balon raksasa gas metana keluar dari dasar  lautan yang menyebabkan sebagian besar, untuk tidak mengatakan semua,  kecelakaan misterius di lokasi itu.
Ivan T Sanderson sebenarnya telah mengidentifikasi zona-zona misterius  selama tahun 1960-an. Sanderson bahkan menggambarkan sebenarnya  zona-zona misterius itu lebih berbentuk seperti ketupat ketimbang  segitiga. Sanderson menemukan bahwa bukan saja Segitiga Bermuda tetapi  Laut Jepang dan Laut Utara adalah dua area tempat kejadian misterius  sering terjadi.
Para Oseanograf yang menjelajah di dasar laut Segitiga Bermuda dan Laut  Utara, wilayah di antara Eropa daratan dan Inggris melaporkan menemukan  banyak kandungan metana dan situs-situs bekas longsoran. Berangkat dari  keterkaitan itu dan data-data yang tersedia dua peneliti itu  menggambarkan apa yang terjadi jika sebuah balon metana raksasa meledak  dari dasar laut.
Metana, yang biasanya membeku di bawah lapisan bebatuan bawah tanah,  bisa keluar dan berubah menjadi balon gas yang membesar secara geometris  ketika ia bergerak ke atas. Ketika mencapai permukaan air, balon berisi  gas itu akan terus membesar ke atas dan ke luar.
Setiap kapal yang terperangkap di dalam balon gas raksasa itu akan  langsung goyah dan tenggelam ke dasar lautan. Jika balon itu cukup besar  dan memiliki kepadatan yang cukup, maka pesawat terbang pun bisa  dihantam jatuh olehnya. Pesawat terbang yang terjebak di balon metana  raksasa, berkemungkinan mengalami keruskan mesin karena diselimuti oleh  metana dan segera kehilangan daya angkatnya.




BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Bermuda (bahasa inggris : Bermuda triangle), kadang - kadang disebut juga Segitiga Setan adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil² atau 4 juta km² yang membentuk garis Segitiga antara Bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah Utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah Selatan, dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik di sebelah barat.
Misteri hilangnya beberapa kapal laut dan pesawat terbang di wilayah yang disebut 'Segitiga Bermuda' adalah sebuah fenomena gas akut biasa, sama seperti gas yang dihasilkan oleh air mendidih, terutama gas metana, adalah tersangka utama di balik hilangnya beberapa pesawat terbang dan kapal laut. Bukti dari penemuan yang membawa sudut pandang baru terhadap misteri yang menghantui dunia selama bertahun-tahun itu tertuang dalam laporan American Journal of Physics.gas metan-metan tersebut berbentuk balon-balon raksasa gas metana keluar dari dasar lautan yang menyebabkan sebagian besar, untuk tidak mengatakan semua, kecelakaan misterius di lokasi itu.

B.     Saran
bahwa halnya semua itu bisa teerjadi karena sudah menjadi kekuasaan tuhan yang maha esa.dari bawah bumi bisa mengeluarkan gas metana yang dapat menimbulkan kapal dan pesawat dapat menghilang namun tidak dapat ditemukan.itu sebuah ke ajaiban yang sudah direncanakan oleh tuhan.seperti halnya gunung meletus, tsunami, badai tornado, dan lain-lainnya.semua itu adalah kekuasaan tuhan yang maha esa.jadi percaya atau tidaknya akan kebenaran yang menyebutkan kapal dan pesawat hilang saat melintasi segitiga bermuda tersebut kita kembali lagi kepada tuhan.karena semua itu akan terjadi apabila tuhan menghendaki.


DAFTAR PUSTAKA

About the Author

BERITA HARIAN SURADE

Author & Editor

Blogger Newbe mencoba berbagi dan ingin bermanfaat terhadap sesama.

Comments
0 Comments

Post a Comment

 
BERITA HARIAN SURADE © 2015 - Designed by Templateism.com | Distributed By Blogger Templates