Tuesday, November 22, 2016

KENAPA KEBERAGAMAN DI NEGARA KITA TIDAK BISA SERUKUN SEPERTI DI FILM UPIN IPIN

Upin & Ipin adalah serial televisi animasi anak-anak yang dirilis pada 14 September 2007 di Malaysia dan disiarkan di TV9. Serial ini diproduksi oleh Les' Copaque. Awalnya film ini bertujuan untuk mendidik anak-anak agar lebih mengerti tentang Ramadan. Kini, Upin & Ipin sudah memiliki delapan musim tayang. Di Indonesia, Upin & Ipin hadir di MNCTV. Di Turki, Upin & Ipin disiarkan di Hilal TV. Serial ini berdurasi 5-7 menit setiap episodenya. Penayangannya setiap hari di TV9 pukul 16.30, dan di MNCTV tayang setiap hari pukul 12:00 dan 16.30 WIB.
Atas keberhasilannya menarik hati penonton setempat, Upin & Ipin dinobatkan dalam nominasi sebagai animasi terbaik pada tahun 2011 Wikipedia

dan kabarnya serial animasi tersebut diproduseri oleh alumni mahasiswa ITB, Burhan, demikian ia biasa dipanggil, memiliki Les' Copaque, perusahaan yang bergerak di bidang animasi, kreatif dan film. Bersama istrinya Ainon Bte Ariff dan sejumlah stafnya, mereka menciptakan kisah dan karakter untuk seial 'Upin & Ipin' sekitar empat tahun lalu.

yang menggelitik penulis adalah di setiap ceritanya terlihat sekali kerukunan dan toleransi yang begitu kental, meski keadaan masyarakatnya yang begitu heterogen, keberagaman agama keberagaman budaya kebergaaman suku bahasa dan lain-lain.

disini kita diajarkan bagaimana menghargai dan menghormati perbedaan yang ada, perbedaan kepercayaan dan budaya tidak menjadikan masyarakat yang apatis dan egois, diajarkan bagaimana dalam perbedaan kita bisa hidup berdampingan dan damai.

kita tengok kembali keadaan di negara kita sekarang, rasanya sangat berbanding terbalik dan jauh dari makna-makna yang sudah diajarkan dalam pancasila maupun undang-undang, perbedaan ini terkadang menjadi masalah yang pelik dan berkelanjutan, kerusuhan, pertikaian, bentrokan, pembunuhan atas dasar perbedaan ras ataupun agama.

tidak bisa memungkiri dan menyangkalnya, memang inilah keadaan kita, ya meskipun kita tidak bisa menyamaratakan keadaan ini, tapi dalam keadaan sekarang ini banyak mencuat kasus-kasus yang memang penyebabnya perbedaan tersebut.

alangkah indahnya bila kita bisa memaknai, mengambil hikmah dan pelajaran dari serial tersebut !!

( Author )

About the Author

BERITA HARIAN SURADE

Author & Editor

Blogger Newbe mencoba berbagi dan ingin bermanfaat terhadap sesama.

Comments
0 Comments

Post a Comment

 
BERITA HARIAN SURADE © 2015 - Designed by Templateism.com | Distributed By Blogger Templates