Thursday, December 8, 2016

Awas Jalan Rusak dan Berlubang


Diketahui bersama bahwa beberapa minggu ini beberapa daerah di Indonesia mengalami curah hujan yang cukup tinggi hingga mengakibatkan air meluap ke jalan- jalan raya. Air yang tergenang diatas aspal inilah salah satu penyebab aspal menjadi rusak dan berlubang.

Jalan rusak dan berlubang saat ini sudah banyak  bermunculan di jalan raya Surade. karena sebagian besar jalan raya di Indonesia umumnya terbuat dari aspal, dan salah satu musuh utama dari aspal adalah air. Hal ini lah yang menyebabkan rusak bahkan hancurnya jalan di daerah Surade umumnya di indonesia

Jalan rusak dan berlubang di beberapa daerah di Indonesia telah banyak memakan korban jiwa dan kendaraan pun dapat menjadi rusak. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana menyesiasati berkendara di jalan berlubang?

Pertama, pengenalan medan jalan rusak ini penting, karena bisa mengategorikan bermacam-macam jalan rusak dan berlubang. Kategori jalan rusak dan berlubang misalnya jalan berlubang besar dan dalam, lalu lubang besar dan tidak dalam serta lubang kecil namun dalam, dan jalan tidak rata, selain itu juga ada lubang lebar dan naik turun.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan jika menemui jalan rusak dan berlubang:
Jaga Jarak Aman
Berikan jarak pandang yang cukup dengan kendaraan di depan, sehingga kondisi jalan di depan lebih terlihat dengan lebih luas Ini untuk menghindari hal-hal yang tak terduga dan mempunyai kesempatan untuk mengantisipasinya. Dengan menjaga jarak aman dengan kendaraan yang di depan, kita bisa melihat jalan di depan dan bisa mencontoh kendaraan yang di depan tersebut, jika ada lubang bisa menghindari dan tidak ikut terjerembab ke dalam lubang.

Kenali Rute / Medan Jalan
Jika sudah hafal jalannya, mengetahui medan jalan yang akan ditempuh selama perjalanan. Dengan mengetahui jalan yang akan dilalui, tentu saja dari kejauhan sudah mulai persiapan untuk berpindah lajur

Hindari  Rem Mendadak
Pada dasarnya menghadapi jalan rusak dan berlubang adalah sama. Jika mengendarai dalam kecepatan tinggi jangan mengerem mendadak serta menghindari jalan berlubang, melainkan melakukan pengereman secara bertahap untuk menghindari slip dan kendaraan akan sulit dikendalikan serta kendaraan dibelakang belum tentu bisa mengerem dan dapat menyebabkan tabrakan beruntun dengan kendaraan lain. Apalagi di belakang kendaraan ada mobil besar seperti bus atau truk, tentunya sangat berbahaya.

Perhatikan Kondisi Sekeliling
Bila memungkinkan untuk menghindar jalan berlubang, lihat kondisi sekeliling. Contohnya, saat mengendarai kendaraan roda empat maka sebelum menghindari jalan berlubang lihat kaca spion sesuai arah jarum jam di mulai dari spion kiri, tengah dan kanan. Fungsinya untuk mengetahui jarak kendaraan kita dengan kendaraan lain di sekitarnya, jika aman hindari lubang.

Tetapi kalau kondisi tidak aman atau jarak terlalu dekat dengan kendaraan lain, dengan terpaksa jalan berlubang harus dilewati atau tidak menghindar jalan berlubang. Langkah-langkah yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut:

Pengendara Motor
Motor harus miring mengikuti gerakan pengendaranya namun harus tetap lurus. Namun dalam kondisi ini, jika dalam posisi miring akan mengakibatkan motor slip. Untuk itu, lepaskanlah gas dan kukuhkan kaki di pijakan kaki. Pandangan lurus melihat kondisi dan situasi jalan, serta jangan panik.

Di saat yang bersamaan berdirilah di footstep dan bobot badan condong ke belakang dengan cengkraman pada ujung luar setang motor. Jika tidak sempat berdiri, tetap duduk tapi jangan terlalu mencengkram setang motor. Pegangan yang kaku akan mengakibatkan motor kehilangan kendali saat menghantam lubang.

Sebaiknya lemaskan pergelangan tangan agar dampak benturan tidak terlalu keras menghantam bahu dan lebih sigap dalam pengendalian pasca lubang. Jangan khawatir akan velg yang rusak atau penyok. Sebab velg yang rusak masih lebih mudah direkondisi dibandingkan jika motor atau Anda yang jatuh.

Untuk lubang lebar cenderung dalam, akan ada efek benturan ketika ban depan akan keluar dari lubang. Antisipasi lah dengan mencondongkan berat badan ke belakang. Jangan berusaha menekan setang karena berakibat motor anda akan terpental ke depan.

Untuk lubang lebar dangkal, waspadai kemungkinan adanya pecahan aspal di dalam lubang yang bisa bergeser ketika terlindas ban, apalagi dalam kondisi jalanan bsah karena hujan. Untuk lubang kecil, biasanya kalau kecepatan agak tinggi, ban motor cenderung “melayang” melewati lubang, jadi jangan terlalu khawatir. Justru reflek yang terlalu berlebihan yang membahayakan.

Sedangkan untuk lubang yang tersebar dalam satu area sehingga berbentuk seperti kotoran kuda, harus ekstra hati-hati dan rasakan pergerakan motor. Karena ada kemungkinan roda depan dan belakang masuk lubang di dua tempat yang berbeda sehingga menimbulkan efek bumping dan back in, terutama bagi motor dengan lingkar roda kecil atau lebar ban yang kecil.

Pengendara Mobil
Untuk pengendara mobil, pastikan lampu depan atau lampu utama dan kaca depan mobil anda dalam kondisi baik. Ini sangat mempengaruhi jarak pandang saat berkendara. Apalagi berkendara pada malam hari lebih berbahaya karena pencahayaan kurang dan lubang kadang tidak terlihat.

Dengan kondisi sekeliling yang aman, pengereman dilakukan sebelum roda menginjak lubang jalan. Lalu biarkan mobil melintasi lubang tanpa pengereman. Namun cermati jika di sekitar lubang banyak kerikil, tingkat pengereman dikurangi. Hal ini untuk menghindari mobil menggelosor tak terkendali.

Usahakan melewati lubang dalam kondisi mobil tetap dalam arah yang lurus sambil menggenggam kuat setir. Jika membutuhkan manuver, upayakan tidak terlalu melebar hingga membahayakan pengemudi lain di samping.


Kunci utama menghadapi jalan berlubang adalah jangan panik dan jangan melakukan pengereman mendadak. Selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan orang lain.

About the Author

BERITA HARIAN SURADE

Author & Editor

Blogger Newbe mencoba berbagi dan ingin bermanfaat terhadap sesama.

2 comments:

 
BERITA HARIAN SURADE © 2015 - Designed by Templateism.com | Distributed By Blogger Templates