Thursday, November 24, 2016


MAKALAH
ALFAMART







Disusun Oleh : Kelompok X
Ketua : Ligar Pamungkas
Anggota :
Insan Nurjaman P
Mujib Pahrezi
Bilah




MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 SUKABUMI
Jl. Pasiripis Des. Pasiripis Kec. Surade Kab. Sukabumi 43179
2016







KATA PENGANTAR

Puji Syukur kita panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa Atas Segala Rahmat, karunia terutama kesempatan yang diberikan-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini secara tuntas, untuk menjadi salah satu syarat menjadi karyawan di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Semoga makalah ini dapat bermanfaat sebagai referensi dalam bekerja.         
Selama proses penulisan makalah ini, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini.
Sebagai manusia biasa penulis menyadari bahwa dalam penulisa makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan. Segala kritikan dan masukan dari semua pihak, akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi penulis demi mencapai kesempurnaan makalah ini.


Surade, 27 Desember 2015



Penyusun









DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .................................................................................       i
DAFTAR ISI.................................................................................................       ii
BAB I PENDAHULUAN ...........................................................................      
A.    Latar belakang ..................................................................................       1
B.     Rumusan masalah .............................................................................       1
C.     Tujuan ...............................................................................................       1
BAB II PEMBAHASAN ............................................................................      
A.    Istilah yang digunakan di Alfamart...................................................       2
B.     Produk yang ada di Rak 3 Selving 2.................................................       5
C.     Standar Penampilan ..........................................................................       5
D.    Standar sikap dan ucapan .................................................................       5
E.     Tanggungjawab pramuniaga atau crew..............................................       5
F.      Struktur organisasi toko ....................................................................       6
G.    Fungsi tombol kasir............................................................................       6
H.    Alur transaksi.....................................................................................       7
I.       Menu E-Trans....................................................................................       7
J.       Alur transaksi ....................................................................................       8
BAB III PENUTUP .....................................................................................      
A.    Kesimpulan .......................................................................................       9
B.     Saran .................................................................................................       9




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Minimarket alfa adalah usaha menengah yang diraih dengan asset yang standard tidak melewati seperti kebutuhan primer, sekunder, selebihnya semacam supermarket dan hypermat. Dengan melakukan Magang setidaknya saya dapat mengamati, melihat mempelajari, memperhatikan, dan mempraktekanya system – system yang ada.
Perkembangan industri bisnis di Indonesia begitu sangat pesat, dengan seiring sarana  informasi yang menunjang sangat tidak sulit mencari informasi perkembangan bisnis di dunia internet. Banyak di dunia bisnis yang infonya dapat searching di google, untuk melakukan pemesanan atau hanya lihat – lihat saja. Tetapi hal itu tidak semua kalangan dapat mengaksesnya, di karnakan keterbatasan fasilitas dan kemampuan dalam mengoprasikan komputer dengan internet, dengan ini alfamart memberikan kemudahan – kemudahan dalam memenuhi kebutuhan konsumen untuk  semua kalangan, dengan membuka gerai di setiap lokasi agar konsumen lebih mudah mendapatkan kebutuhan sehari – hari.

B.     Rumusan masalah
1.      Apa saja istilah yang dipakai di alfamart
2.      Bagaimana alur transaksi, distribusi dan perintah di alfamart
3.      Bagaimana cara kerja mesin dan aplikasi di alfamart

C.    Tujuan
1.      Agar dapat mengetahui apa saja istilah yang dipakai di alfamart
2.      Agar dapat mengetahui bagaimana alur transaksi, distribusi dan perintah di alfamart
3.      Agar dapat mengetahui bagaimana cara kerja mesin dan aplikasi di alfamart
BAB II
PEMBAHASAN


A.    Istilah yang Digunakan Dalam Kerja Alfamart
1.      Perishable
Barang yang mudah rusak dan perlu penanganan khusus agar barang tersebut dapat terjaga dengan baik, contoh barang perishable adalah :
-          Buah
-          Materai
-          Snack curah
2.      BKL
Barang langsung di kirim dari supplier yang bersangkutan atau barang yang dikirim ke toko tidak melalui pengiriman regular tapi barang yang dikirim adalah barang-barang tertentu, seperti :
-          Yakult
-          Campina
-          Walls
-          Vitacharm
Dimana mereka mengirim barang tersebut langsung ke toko nya
3.      DC
Adalah distribution centre dalam bahasa Indonesia pusat pendistribusian dalam arti DC adalah pusat yang mensupaly barang ke toko-toko alfamart setiap harinya
4.      Retur
Adalah mengembalikan barang ke DC atau katalainnya adalah mengirim kembali brang tersebut dengan beberapa alasan diantaranya:
-          Barang rusak pengiriman
-          Barang expired
-          Barang tidak ada
-          Dll
5.      Planogram+Lable Price
Planogram adalah report atau laporan yang berisi tentang tatacara mendisplay barang sebagaimana aturan letak barang tersebut tujuannya agar barang yang terdisplay tertata rapi dan indah, manfaat lainnya ditujukan agar memudahkan customer dalam mencari item-item di rak, planogram juga sering diartikan seni menata barang
Label Price adalah label harga yang berguna sebagai penunjuk harga item-item di rak dalam artian label price juga dapat diartikan sebagai kertas harga
6.      Display
Adalah menata rapih barang-barang kedalam rak atau memajang barang tujuannya agar barang selalu terlihat full dan menghindari kekosongan di dalam rak agar customer tidak kecewa pada saat berbelanja tapi itemnya tidak ada di rak, tujuan lain dari display agar barang tidak jenuh di gudang dan cepat terjual
7.      Fifo
First In First Out yaitu pertama masuk pertama keluar dalam artian barang yang perama masuk ketoko harus terjual pertama juga hal ini ditujukan untuk menghindari barang atau stok di toko expired
8.      Fefo
Adalah First Expired First Out, pertama kadaluarsa juga pertama keluar, tatacara kerjanya tidak jauh dengan FIFO deskripsinya adalah untuk menghindari barang expired di toko
9.      Facing Out
Merapikan barang-barang dirak, jika sering terlihat rak-rak yang bolong dalam artian di rak barangnya lagi kosong maka shelve tersebut di facing out tujuannya agar barang yang terdisplay di rak terlihat rapi.
10.  Free Counted
Dalam bahasa Indonesia adalah perhitungan bebas di alfamart, free counted juga deskripsinya sebagai berikut:
Free counted dilaksanakan H-1 sebelum SO Grand, lebih lengkapnya Free Counted adalah menghitung semua item yang ada di gudang tujuannya agar SO terbilang singkat atau mudah biasanya setelah semua item digudang di free counted item tidak boleh di display di rak
11.  NBH
Nota Barang Hilang yaitu jumlah quantity rupiah di totalkan sesuai barang yang hilang jumlah barang yang hilang diganti sama personil, deskripsinya NBH adalah data – data barang yang hilang di toko
12.  STD
Struk Rer Day yaitu rata-rata dari struk yang keluar setiap harinya dalam artian STD adalah banyak customer yang masuk setiap harinya
13.  SPD
Sales Per Day yaitu pndapatan rupiah setiap harinya, deskripsinya adalah SPD penjualan semua barang atau item-item di toko menurut quantity rupiah
14.  APC
Average Purchase per Customer
15.  KKSO
Kertas Kerja Stock Of Name yaitu lembaran kerja yang digunakan saat stock of name, mekanisme nya adalah menuliskan quantity barang di KKSO untuk kemudian di input di computer, lebih real nya KKSO adalah kertas kerja untuk menuliskan quantity barang
16.  NRB
Nota Reture Barang adalah report yang berisi tentang semua barang-barang yang di reture ke DC jadi dasarnya adalah rekapan data barang yang dikembalikan
17.  SJI
Surat Jalan Internal
18.  Label Price
Adalah label harga yaitu potongan kertas kecil yang berisi harga item yang terdisplay di rak, label price juga dilengkapi dengan program item tersebut

B.     Produk yang ada di rak 3 selving 2
1.      YOOU C100 ORANGE 140 G
2.      YOOU C100 LEMON 140 G
3.      NEO HORMOVITON
4.      KRATINGDAENG BTL 150 ML
5.      LIPOVITAN PASAK BUMI 150 G

C.    Standar Penampilan Pramuniaga dan kasir di toko alfamart
1.      Penampilan harus selalu rapih bersih dan ramah
2.      Baju selalu dimasukan kedalam, memakai name tag sesuai standar

D.    Standar Sikap dan Ucapan pada Konsumen disaat masuk dan keluar toko
1.      Saat customer masuk ke toko
Karyawan harus ramah dan tersenyum dengan tangan didepan dada sambil mengucapkan “ selamat pagi, selamat datang di Alfamart”, siang dan malam pun sama mengucapkannya
2.      Saat customer keluar dari toko
Karyawan toko harus mengucapkan “ terimakasih dengan saya Rafli senang melayani anda, silahkan datang kembali”
E.     Tanggungjawab Pramuniaga dan Crew di Toko
1.      Memberi pelayanan kepada customer
2.      Melaksanakan kebersihan
3.      Mempersiapkan sarana kerja yang diperlukan
4.      Melakukan pengawasan atau pencegahan barang hilang
5.      Menerima penitipan barang
6.      Penurunan dan pengecekan barang dari DC
7.      Memajang atau mendisplay barang dagangan dan pemenuhan dari gudang toko ke area penjualan
8.      Persiapan reture barang
9.      Informasi dan penawaran program promosi
10.  Pengecekan harga
11.  Stock of name
12.  Penyebaran leaflet
13.  Menginformasikan barang kosong ke ACOS maupun COS
14.  Menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitar toko

F.     Struktur Organisasi Toko
1.      Operational General Manager ( GM )
2.      Breanch Manager ( BM )
3.      Deputi Breanch Manager ( DBM )
4.      Area Manager ( AM )
5.      Area Coordinator ( AC )
6.      Chif Of Store ( COS )
7.      Asst Chief Of Store ( ACOS )
8.      Crew atau Pramuniaga

G.    Fungsi Tombol Kasir
1.      F2        : Nama Barang
2.      F3        : Kalkulator
3.      F4        : Load Data
4.      F5        : Reprint
5.      F6        : Pengimputan Member
6.      F7        : Retur Barang yang tidak jadi atau dibatalkan
7.      F8        : Keluar dari program kasir atau POS
8.      F10      : laporan Sales
9.      F11      : Celerek




H.    Alur Transaksi
1.      Pembayaran Tunai
Adalah pembayaran yang dilakukan secara langsung memakai uang tunai atau cash
2.      Pembayaran debit
Adalah pembayaran yang dilakukan melalui pembayaran debit tidak memakai uang tunai atau cash melainkan ditransaksikan melalui mesin EDC yang ada di toko
3.      Pembayaran Voucher
Adalah pembayaran yang dilakukan melalui voucher belanja yang di trnsaksikan di POS atau kasir

I.       Menu E – Trans
1.      Pembelian
2.      Pembayaran
3.      Pemesanan
4.      Pendaftaran
5.      Top Up
6.      Kartu AKU dan pengecakan E-Voucher
7.      Pengiriman dokumen atau barang
8.      Settlement
A.    Administrasi
B.     Albi 123
T.      E-Tiket
R.     Ambil Uang
H.    Help
G.    Ganti Password
9.      Keluar



J.      Alur Transaksi
1.      Pembayaran Motor
Adalah pembayaran yang dilakukan melalui aplikasi E-Trans, masuk ke menu pembayaran atau F2 lalu pilih 1 pembayaran multi finance lalu tekan SHIFT + ? lalu pilih pembayar apa yang akan di transaksikan pembayarannya lalu masukan nomor kontak yang akan dibayar
2.      Pembelian Pulsa
Adalah pembelian yang dilakukan melalui POS atau kasir
3.      Booking Tiket
Transaksi dilakukan melalui E-Trans lalu tekan T E-Tiket lalu pilih kereta api yang akan di booking customer, data yang dibutuhkan
a.       KTP
b.      Nomor HP
c.       Stasiun atau kota yang dituju
d.      Pemberangkatan














BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Dengan perkembangan zaman saat ini.banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang retail.karena semakin tingginya kebutuhan pokok manusia setiap hari.alfamart sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang retail.yang bertujuan untuk memenuhi dan melayani kebutuhan pokok masyarakat.

B.     Saran
·         Di tingkatkan perilaku keramah-tamahan terhadap customer    
·         Chek kebersihan dari lokasi yang terkecil

·         Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada customer

About the Author

BERITA HARIAN SURADE

Author & Editor

Blogger Newbe mencoba berbagi dan ingin bermanfaat terhadap sesama.

1 comments:

 
BERITA HARIAN SURADE © 2015 - Designed by Templateism.com | Distributed By Blogger Templates