MAKALAH
ALFAMART
Disusun
Oleh : Kelompok X
Ketua
: Ligar Pamungkas
Anggota
:
Insan
Nurjaman P
Mujib
Pahrezi
Bilah
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2
SUKABUMI
Jl.
Pasiripis Des. Pasiripis Kec. Surade Kab. Sukabumi 43179
2016
KATA PENGANTAR
Puji
Syukur kita panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa Atas Segala Rahmat,
karunia terutama kesempatan yang diberikan-Nya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah ini secara tuntas, untuk menjadi salah satu syarat
menjadi karyawan di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Semoga makalah ini dapat
bermanfaat sebagai referensi dalam bekerja.
Selama
proses penulisan makalah ini, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai
pihak, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu penulis
mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam
penulisan makalah ini.
Sebagai
manusia biasa penulis menyadari bahwa dalam penulisa makalah ini masih banyak
terdapat kekurangan dan kekeliruan. Segala kritikan dan masukan dari semua
pihak, akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi penulis demi mencapai
kesempurnaan makalah ini.
Surade, 27 Desember 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................. i
DAFTAR ISI................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN ...........................................................................
A. Latar
belakang .................................................................................. 1
B. Rumusan
masalah ............................................................................. 1
C. Tujuan
............................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN ............................................................................
A. Istilah
yang digunakan di Alfamart................................................... 2
B. Produk
yang ada di Rak 3 Selving 2................................................. 5
C. Standar
Penampilan .......................................................................... 5
D. Standar
sikap dan ucapan ................................................................. 5
E. Tanggungjawab
pramuniaga atau crew.............................................. 5
F. Struktur
organisasi toko .................................................................... 6
G. Fungsi
tombol kasir............................................................................ 6
H. Alur
transaksi..................................................................................... 7
I. Menu
E-Trans.................................................................................... 7
J. Alur
transaksi .................................................................................... 8
BAB III PENUTUP .....................................................................................
A. Kesimpulan
....................................................................................... 9
B. Saran
................................................................................................. 9
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Minimarket
alfa adalah usaha menengah yang diraih dengan asset yang standard tidak
melewati seperti kebutuhan primer, sekunder, selebihnya semacam supermarket dan
hypermat. Dengan melakukan Magang setidaknya saya dapat mengamati, melihat
mempelajari, memperhatikan, dan mempraktekanya system – system yang ada.
Perkembangan
industri bisnis di Indonesia begitu sangat pesat, dengan seiring sarana informasi yang menunjang sangat tidak sulit
mencari informasi perkembangan bisnis di dunia internet. Banyak di dunia bisnis
yang infonya dapat searching di google, untuk melakukan pemesanan atau hanya
lihat – lihat saja. Tetapi hal itu tidak semua kalangan dapat mengaksesnya, di
karnakan keterbatasan fasilitas dan kemampuan dalam mengoprasikan komputer
dengan internet, dengan ini alfamart memberikan kemudahan – kemudahan dalam
memenuhi kebutuhan konsumen untuk semua
kalangan, dengan membuka gerai di setiap lokasi agar konsumen lebih mudah
mendapatkan kebutuhan sehari – hari.
B.
Rumusan
masalah
1. Apa
saja istilah yang dipakai di alfamart
2. Bagaimana
alur transaksi, distribusi dan perintah di alfamart
3. Bagaimana
cara kerja mesin dan aplikasi di alfamart
C.
Tujuan
1. Agar
dapat mengetahui apa saja istilah yang dipakai di alfamart
2. Agar
dapat mengetahui bagaimana alur transaksi, distribusi dan perintah di alfamart
3. Agar
dapat mengetahui bagaimana cara kerja mesin dan aplikasi di alfamart
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Istilah
yang Digunakan Dalam Kerja Alfamart
1. Perishable
Barang
yang mudah rusak dan perlu penanganan khusus agar barang tersebut dapat terjaga
dengan baik, contoh barang perishable adalah :
-
Buah
-
Materai
-
Snack curah
2. BKL
Barang
langsung di kirim dari supplier yang bersangkutan atau barang yang dikirim ke
toko tidak melalui pengiriman regular tapi barang yang dikirim adalah barang-barang
tertentu, seperti :
-
Yakult
-
Campina
-
Walls
-
Vitacharm
Dimana
mereka mengirim barang tersebut langsung ke toko nya
3. DC
Adalah
distribution centre dalam bahasa Indonesia pusat pendistribusian dalam arti DC
adalah pusat yang mensupaly barang ke toko-toko alfamart setiap harinya
4. Retur
Adalah
mengembalikan barang ke DC atau katalainnya adalah mengirim kembali brang
tersebut dengan beberapa alasan diantaranya:
-
Barang rusak pengiriman
-
Barang expired
-
Barang tidak ada
-
Dll
5. Planogram+Lable
Price
Planogram
adalah report atau laporan yang berisi tentang tatacara mendisplay barang
sebagaimana aturan letak barang tersebut tujuannya agar barang yang terdisplay
tertata rapi dan indah, manfaat lainnya ditujukan agar memudahkan customer
dalam mencari item-item di rak, planogram juga sering diartikan seni menata
barang
Label
Price adalah label harga yang berguna sebagai penunjuk harga item-item di rak
dalam artian label price juga dapat diartikan sebagai kertas harga
6. Display
Adalah
menata rapih barang-barang kedalam rak atau memajang barang tujuannya agar
barang selalu terlihat full dan menghindari kekosongan di dalam rak agar
customer tidak kecewa pada saat berbelanja tapi itemnya tidak ada di rak,
tujuan lain dari display agar barang tidak jenuh di gudang dan cepat terjual
7. Fifo
First
In First Out yaitu pertama masuk pertama keluar dalam artian barang yang perama
masuk ketoko harus terjual pertama juga hal ini ditujukan untuk menghindari
barang atau stok di toko expired
8. Fefo
Adalah
First Expired First Out, pertama kadaluarsa juga pertama keluar, tatacara
kerjanya tidak jauh dengan FIFO deskripsinya adalah untuk menghindari barang
expired di toko
9. Facing
Out
Merapikan
barang-barang dirak, jika sering terlihat rak-rak yang bolong dalam artian di
rak barangnya lagi kosong maka shelve tersebut di facing out tujuannya agar
barang yang terdisplay di rak terlihat rapi.
10. Free
Counted
Dalam
bahasa Indonesia adalah perhitungan bebas di alfamart, free counted juga
deskripsinya sebagai berikut:
Free
counted dilaksanakan H-1 sebelum SO Grand, lebih lengkapnya Free Counted adalah
menghitung semua item yang ada di gudang tujuannya agar SO terbilang singkat
atau mudah biasanya setelah semua item digudang di free counted item tidak
boleh di display di rak
11. NBH
Nota
Barang Hilang yaitu jumlah quantity rupiah di totalkan sesuai barang yang
hilang jumlah barang yang hilang diganti sama personil, deskripsinya NBH adalah
data – data barang yang hilang di toko
12. STD
Struk
Rer Day yaitu rata-rata dari struk yang keluar setiap harinya dalam artian STD
adalah banyak customer yang masuk setiap harinya
13. SPD
Sales
Per Day yaitu pndapatan rupiah setiap harinya, deskripsinya adalah SPD
penjualan semua barang atau item-item di toko menurut quantity rupiah
14. APC
Average
Purchase per Customer
15. KKSO
Kertas
Kerja Stock Of Name yaitu lembaran kerja yang digunakan saat stock of name,
mekanisme nya adalah menuliskan quantity barang di KKSO untuk kemudian di input
di computer, lebih real nya KKSO adalah kertas kerja untuk menuliskan quantity
barang
16. NRB
Nota
Reture Barang adalah report yang berisi tentang semua barang-barang yang di
reture ke DC jadi dasarnya adalah rekapan data barang yang dikembalikan
17. SJI
Surat
Jalan Internal
18. Label
Price
Adalah
label harga yaitu potongan kertas kecil yang berisi harga item yang terdisplay
di rak, label price juga dilengkapi dengan program item tersebut
B.
Produk
yang ada di rak 3 selving 2
1. YOOU
C100 ORANGE 140 G
2. YOOU
C100 LEMON 140 G
3. NEO
HORMOVITON
4. KRATINGDAENG
BTL 150 ML
5. LIPOVITAN
PASAK BUMI 150 G
C.
Standar
Penampilan Pramuniaga dan kasir di toko alfamart
1. Penampilan
harus selalu rapih bersih dan ramah
2. Baju
selalu dimasukan kedalam, memakai name tag sesuai standar
D.
Standar
Sikap dan Ucapan pada Konsumen disaat masuk dan keluar toko
1. Saat
customer masuk ke toko
Karyawan
harus ramah dan tersenyum dengan tangan didepan dada sambil mengucapkan “
selamat pagi, selamat datang di Alfamart”, siang dan malam pun sama
mengucapkannya
2. Saat
customer keluar dari toko
Karyawan
toko harus mengucapkan “ terimakasih dengan saya Rafli senang melayani anda,
silahkan datang kembali”
E.
Tanggungjawab
Pramuniaga dan Crew di Toko
1. Memberi
pelayanan kepada customer
2. Melaksanakan
kebersihan
3. Mempersiapkan
sarana kerja yang diperlukan
4. Melakukan
pengawasan atau pencegahan barang hilang
5. Menerima
penitipan barang
6. Penurunan
dan pengecekan barang dari DC
7. Memajang
atau mendisplay barang dagangan dan pemenuhan dari gudang toko ke area
penjualan
8. Persiapan
reture barang
9. Informasi
dan penawaran program promosi
10. Pengecekan
harga
11. Stock
of name
12. Penyebaran
leaflet
13. Menginformasikan
barang kosong ke ACOS maupun COS
14. Menjalin
hubungan baik dengan lingkungan sekitar toko
F.
Struktur
Organisasi Toko
1. Operational
General Manager ( GM )
2. Breanch
Manager ( BM )
3. Deputi
Breanch Manager ( DBM )
4. Area
Manager ( AM )
5. Area
Coordinator ( AC )
6. Chif
Of Store ( COS )
7. Asst
Chief Of Store ( ACOS )
8. Crew
atau Pramuniaga
G.
Fungsi
Tombol Kasir
1. F2
: Nama Barang
2. F3 : Kalkulator
3. F4 : Load Data
4. F5 : Reprint
5. F6 : Pengimputan Member
6. F7
: Retur Barang yang tidak jadi atau
dibatalkan
7. F8 : Keluar dari program kasir atau POS
8. F10 : laporan Sales
9. F11 : Celerek
H.
Alur
Transaksi
1. Pembayaran
Tunai
Adalah
pembayaran yang dilakukan secara langsung memakai uang tunai atau cash
2. Pembayaran
debit
Adalah
pembayaran yang dilakukan melalui pembayaran debit tidak memakai uang tunai
atau cash melainkan ditransaksikan melalui mesin EDC yang ada di toko
3. Pembayaran
Voucher
Adalah
pembayaran yang dilakukan melalui voucher belanja yang di trnsaksikan di POS
atau kasir
I.
Menu
E – Trans
1. Pembelian
2. Pembayaran
3. Pemesanan
4. Pendaftaran
5. Top
Up
6. Kartu
AKU dan pengecakan E-Voucher
7. Pengiriman
dokumen atau barang
8. Settlement
A. Administrasi
B. Albi
123
T. E-Tiket
R. Ambil
Uang
H. Help
G. Ganti
Password
9. Keluar
J.
Alur
Transaksi
1. Pembayaran
Motor
Adalah
pembayaran yang dilakukan melalui aplikasi E-Trans, masuk ke menu pembayaran
atau F2 lalu pilih 1 pembayaran multi finance lalu tekan SHIFT + ? lalu pilih
pembayar apa yang akan di transaksikan pembayarannya lalu masukan nomor kontak
yang akan dibayar
2. Pembelian
Pulsa
Adalah
pembelian yang dilakukan melalui POS atau kasir
3. Booking
Tiket
Transaksi
dilakukan melalui E-Trans lalu tekan T E-Tiket lalu pilih kereta api yang akan
di booking customer, data yang dibutuhkan
a. KTP
b. Nomor
HP
c. Stasiun
atau kota yang dituju
d. Pemberangkatan
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dengan
perkembangan zaman saat ini.banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang
retail.karena semakin tingginya kebutuhan pokok manusia setiap hari.alfamart
sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang retail.yang bertujuan
untuk memenuhi dan melayani kebutuhan pokok masyarakat.
B.
Saran
·
Di tingkatkan perilaku keramah-tamahan
terhadap customer
·
Chek kebersihan dari lokasi yang
terkecil
·
Memberikan pelayanan yang memuaskan
kepada customer
bagus
ReplyDelete